Rabu, 02 September 2015

kebudayaan dan makanan khas kalimantan timur

1. Rumah Adat
Rumah adat Kalimantan Timur dinamakan Rumah Lamin. Rumah Lamin adalah rumah adat suku Dayak Kenyah diKalimantan Timur. Rumah itu berbentu panggung setinggi 3m dari tanah dan dihuni oleh 25-30 kepala keluarga. Ujung atap rumah diberi hiasan kepala naga, simbol keangungan, budi luhur, dan kepahlawanan. Halaman rumah diisi oleh patung patung Blontang, menggambarkan dewa dewa sebagai penjaga rumah atau kampung
Rumah lamin terbagi atas ruang dapur, ruang tidur dan ruang tengah guna menerima tamu atau pertemuan adat. Tangga untuk naik kerumah lamin terbuat dari satu pohon. Bentuk tangga ini tak berbeda antara rumah bangsawan dan rumah rakyat biasa. Dinding rumah terbuat dari katu diselingi daun rumbia, sedangkan kolong rumah dapan dipergunakan untuk memelihara ternak.



2. Pakaian Adat
Pria dari Kalimantan Timur memakai tutup kepala (topi) berhiaskan bulu bulu enggang, baju rompi dan kain tenun sebatas lutut. Sebuah tameng dengan hiasan yang khas berada ditangannya. Hiasan lainnya adalah kalung yang terbuat dari tulang atau gigi binatang.
Sedangkan wanitanya memakai topi dengan hiasan yang khas baju rompi dan kain (rok) dengan warna dan hiasan yang khas pula. Perhiasan yang dipakai adalah kalung dan beberapa gelang dikedua belah tangannya.















3. Tari tarian Daerah Kalimantan Timur

a. Tari Gong, dipertunjukkan pada waktu upacara penyambutan terhadap tamu agung. Dapat pula dipertunjukkan sewaktu kelahiran seorang bayi kepala suku. Tari ini bersumber dari tari tradisi Dayak Kenyah, yang merupakan gabungan dari tari perang dan tari gong. Keseluruhannya menggambarkan kisah dua orang pemuda yang memperebutkan seorang putri yang kemudian menjelma menjadi seekor burung.

b. Tari Perang, tari yang mempertunjukkan pertarungan dua orang pemuda salam memperebutkan seorang gadis.

c. Hudug dan Belian, adalah tari tarian yang mengandung kepercayaan magic untuk mengusir roh jahat yang menganggu.

 

4. Senjata Tradisional 
Di Kalimantan Timur pun, mandau merupakan sejata tradisional rakyatnya. Hulu mandau diberi ukuran burung enggang dengan hiasan rambut manusia. Dibuat oleh pandai besi yang mempunyai ilmu gaib.
Mandau adalah semacam senjata yang berbentuk parang dengan panjang kira kira 1/2m. Mandau itu ada dua macam. Pertama, mandau yang disebut Tampilan dan dipakai untuk perang dan upacara. Kedua, mandau yang biasa dipakai untuk keperluan sehari hari. Senjata lainnya adalah bujak (senjata tombak), anak mandau, beliung, dan sumpit.

5. Suku : Suku dan marga yang terdapat didaerah Kalimantan Timur adalah : Dayak, Tidung, Kenyah, Bulungan, Berusu, Kayan, Abai, dan lain lain.


6. Bahasa Daerah : Kenyah, Kayan, dan lain lain.

7. Lagu Daerah : Indung indung.

8.makanan khas kalimantan timur

  • masakan kalimantan timur bubur pedas
bubur pedas merupakan makanan khas kalimantan barat tepatnya dari suku melayu sambas. dalam sejarah masakan bubur pedas ini katanya menjadi makanan yang di sajikan untuk kerajaan. cara membuat bubur pedas ini dengan cara mencampurkan kelapa sangrai dan beras sangrai.
Untuk membuat bubur pedas ini cukup mudah yakni mencampurkan kelapa yang telah disangrai dan beras sangrai kemudian ditumbuk secara bersamaan. Bahan rempah-rempah lainnya ikut ditambahkan kala proses penumbukan seperti bawang merah putih, daun salam, adas, kunyit, ketumbar, jinten, sereh, lada hitam, cabai, lengkuas & aneka sayur yg tepat bersama selera.
  • makanan khas kalimantan ayam cincae
ayam cincae merupakan makanan yang menjadid andalah di kota samarinda dan biasanya di jadikan menu utama pada acara pesta atau pernikahan atau acara besar lainya. ciri khas makanan ayam cincae ini adalah bumbunya yang berwarna merah. Jika anda ingin mencicipinya, ayam cincane dapat anda jumpai di beberapa rumah makan ataupun kedai.
  • masakan tradisional nasi bakepor
nasi bakepor ini terdiri dari berbagai macam komposisi seperti ikan asin, rempah rempah dan juga minyak sayur. dalam penyajianya ayam bakepor ini dihidangkan bersama dengan daging masak bumi hangus dan juga sayur gangan asam kukar unutk lauknya.
Dalam penyajiannya nasi bekepor biasanya disandingkan dengan daging masak bumi hangus dan sayur gangan asam kukar sebagai lauk tambahan. Penjelasan berkaitan sayur gangan asam kukar, yaitu sejenis sayur asemygdimasak bersama campuran di dalamnya kepala ikan & ubi manis.
  • masakan khas kalimantan timur nasi kuning
anda pasti tahu makanan nasi kuning kan? nasi kuning ini bersal dari kalimnantan timur, cara membuat nasi kuning dengan cara mencampurkan ke rempah rempah, kunyit, santan dan bumbu lainya sehingga rasa dari nasi kuning tersebut menjadi gurih. kebanyakan nasi kuning disajikan sebagai tumpeng acara acara adat suatu daerah.
  • Amplang
Salah satu oleh-oleh yang dapat dibawa pulang saat berkunjung di kawasan kalimantan timur adalah Amplang. Makanan khas ini sejenis camilan kerupuk bersama wujudnya yg unik menyerupai kuku macan. Salah satu bahan dari amplang merupakan ikan laut. Rasa ikan yg gurihmenciptakan amplang tidak sedikit diburu orangbuat dijadikan oleh – olehmaupun sekedar camilan keluarga di rumah.

 sumber : http://www.penginapanonline.com/kuliner/nama-makanan-khas-kalimantan-timur-yang-terkenal.html
               http://www.kebudayaanindonesia.com/2014/03/kebudayaan-kalimantan-timur.html

1 komentar:

  1. Basic knowledge of animals at http://www.kidsfront.com/words/animals_reptiles.html

    BalasHapus